Latest News

Profil dan Biografi Yulian Paonganan Penghina Presiden Di Twitter

Y Paonganan (tengah) - Facebook
Profil dan Biografi Yulian Paonganan Penghina Presiden Di Twitter - Nama Yulian Paonganan atau YPaonganan alias Ongen kini sedang ramai dibicarakan di situs microblogging Twitter. Dimana orang yang diduga pemilik akun Twitter @ypaonganan itu mem-posting foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Nikita Mirzani dan membubuhkan hashtag tidak terpuji yakni #PapaDoyanLonte.

Di media sosial, nama YPaonganan memang kerap membuat hastag-hastag yang menyudutkan Presiden yang kemudian seringkali muncul sebagai trending topic bersama para pengkritik Jokowi. Tak hanya pernah menyudutkan Presiden saja, karna YPaonangan yang juga doktor dibidang kelautan ini pernah mengkritisi Susi Pudjiastuti.

Ongen tak hanya dikenal karena kicauannya yang ‘pedas’ namun Ia juga pernah mendapatkan anugerah Pemuda Award 2014 dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda dari Kantor Berita Politik RMOL.

YPaonganan atau Ongen memang dikenal kerap membuat postingan dan hashtag yang menyerang Jokowi. Karna hampir setiap hari, orang yang mengaku Direktur Maritime Institute yang pernah dikaitkan dengan akun kontroversial @TrioMacan ini membuat tanda pagar berisi komentar negatif.

Dan yang ramai adalah, Ongen mengunggah foto Jokowi bersama Nikita Mirzani dan menulis hashtag #PapaDoyanLone. Dimana dalam cuitannya ada gambar yang diunggah Ongen ini adalah foto Jokowi dengan Nikita Mirzani beberapa tahun silam.

Sebenarnya foto ini diunggah pada 2012 dan berasal dari akun Twitter Nikita Mirzani. Sementara menurut sutradara Joko Anwar, bahwa foto itu diambil saat Jokowi dan Nikita Mirzani bersama-sama saat nonton bareng film Comic 8 yang juga diperankan oleh Nikita Mirzani.

Kini foto itu kembali diunggah seiring dengan mencuatnya nama Nikita Mirzani dalam kasus “Prostitusi Artis” dan pengkritik Jokowi memanfaatkan foto tersebut untuk menyerang Jokowi. Namun sayangnya, beberapa saat setelah foto ini diunggah, ciutan beserta akun ini menghilang. Kabarnya akun @ypaonganan diduga sengaja ditutup lantaran diancam dilaporkan ke pihak kepolisian.

Menurut akun yang sering berinteraksi (sering debat) dengan @ypaonganan, @PartaiSocmed dan @kurawa . Dalam akun @PartaiSocmed bahwa Paonganan akan dipolisikan terkait kicauannya selama ini. “Baru dapat info bahwa si Ongen @ypaonganan akan dilaporkan atas tweet2 penghinaannya kepada pihak yg berwajib,” tulis @PartaiSocmed.

Profil dan Biodata Yulian Paonganan alias Ongen

Nama Lengkap : Dr. Y. Paonganan, S.Si. M.Si
Tempat Tanggal Lahir : Batusitanduk, Luwu, Sulsel, 10 Juli 1970


Pendidikan :
  • S1 : Marine Biology di UNHAS Makassar
  • S2 : Marine Biology di IPB Bogor
  • S3 : Marine Biology di IPB Bogor

Riwayat Pekerjaan :
  • Staf Menteri Perhubungan 2009-2010
  • Pendiri dan Direktur Indonesia Maritime Institute
Akun Socmed :
  • https://twitter.com/ypaonganan
  • https://www.facebook.com/ypaonganan

Buku :

  • 9 Perspektif Menuju Masa Depan Maritim Indonesia yang merupakan sebuah buku khusus kepada Presiden SBY.(*)


UPDATE 17 DES 2015

Polisi Subdit cyber crime Bareksrim menangkap dan memeriksa seseorang yang diduga pemilik akun Twitter @ypaonganan.

Menurut Wadir Pidsus Kombes Pol Agung Setya pelaku berinisial YP (Yulianus Paonganan) berusia 45 tahun. Pekerjaan tersangka yang bergelar doktor itu adalah dosen dan Pimpinan Redaksi majalah Maritim.

"Kita tangkap pelaku setelah mengantongi dua alat bukti dan izin dari pengadilan. Pelaku ditangkap pagi tadi di kediamannya sekitar pukul 05.45 WIB di Jl. Rambutan, Jakarta Selatan," kata Agung, Kamis (17/12) sebagaimana dilansir Berita Satu.


*berbagai sumber


Advertisement