Latest News

Biodata dan Profil Maroef Sjamsoeddin Presiden Direktur PT Freeport Indonesia

Biodata dan Profil Maroef Sjamsoeddin Presiden Direktur PT Freeport Indonesia
Maroef Sjamsoeddin Presiden Direktur PT Freeport Indonesia - Google Images
Biodata dan Profil Maroef Sjamsoeddin Presiden Direktur PT Freeport Indonesia - Mencuatnya kasus Papa Minta Saham yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan mau tak mau harus menyeret nama Marsekal Muda TNI (Purn.) Maroef Sjamsoeddin Presiden Direktur PT Freeport Indonesia ke pusara kasus ini karna dari Maroef Sjamsoeddin rekaman berdurasi 120 menit ini dimulai.

Sebelumnya Menteri ESDM Sudirman Said yang melakukan pelaporan ke MKD atas pencatutan nama Jokowi oleh Setya Novanto dalam lobi proses perpanjangan kontrak Freeport. 

Marsekal Muda TNI (Purn.) Maroef Sjamsoeddin ialah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Udara dari Korps Pasukan Khas yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1980. 

Usai pensiun dari militer, pada 7 Januari 2015, Maroef Sjamsoeddin menjadi Presiden Direktur Freeport Indonesia, menggantikan Rozik B. Soetjipto yang memasuki masa pensiun. Dimana selama karier militernya, Maroef Sjamsoeddin pernah menjabat sebagai Komandan Skadron 465 Paskhas, Atase Pertahanan RI untuk Brasil, Direktur Kontra Separatis BIN, Sahli Hankam BIN dan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) selama periode 2011-2014.

Maroef Sjamsoeddin meraih gelar Master of Business Administration dari Jakarta Institute Management Studies. Dan Ia ditawari langsung menjadi Presdir Freeport Indonesia oleh Chairman of Board Freepor-McMoRan, James Robert Moffett (Jim Bob), usai sebelumnya melihat kinerjanya yang pada saat itu masih menjabat sebagai Wakil Kepala BIN dalam menangani pemogokan di pertambangan Freeport pada tahun 2011.

Pada Desember 2015, Maroef Sjamsoeddin namanya mencuat karena dirinya melakukan rekaman pembicaraannya dengan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha minyak Reza Chalid. Dimana dalam rekaman tersebut diduga ada pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden. 

Kasus ini dibawah ke Sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) berdasarkan laporan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dan Maroef Sjamsoeddin sudah memberikan keterangannya sebagai saksi kunci dalam kasus ini.


Keluarga Maroef Sjamsoeddin

Maroef Sjamsoeddin ialah anak dari Sjamsoeddin, seorang purnawirawan berpangkat letnan kolonel, sementara kakaknya adalah Letnan Jenderal Sjafrie Sjamsoeddin yang merupakan mantan wakil Menteri Pertahanan pada masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.


Karier Maroef Sjamsoeddin

  • Lahir di Makassar, SMA di Jakarta
  • Alumni AAU 1980: (satu angkatan 40 orang)
  • 1989: Termasuk 15 perwira yang pernah ditugaskan ke Irak, masa perang Iran-Irak.
  • 1992-1995: Asisten Atase Pertahanan Republik Indonesia untuk wilayah Amerika Selatan, yang berkedudukan di Brasil
  • 1996-2000: Letkol Ma’roef Sjamsoeddin, Komandan Skadron 465 Paskhasau
  • 2000-2003: Kembali lagi ke Brasil sebagai Atase Pertahanan, pangkat menjadi kolonel
  • 2004: Kembali ke Indonesia sebagai perwira menengah di BIN.
  • 30 Januari 2007: Promosi sebagai Direktur Kontra Separatisme Deputi III BIN. Pangkat naik menjadi Marsekal Pertama atau bintang satu.
  • 1 Maret 2010: Marsma TNI Maroef Syamsudin MBA dimutasi dari Direktur Kontra Separatisme Deputi III BIN menjadi Sahli Bid Hankam BIN.
  • 26 Juli 2010: Naik pangkat dari Marsma menjadi Marsekal Muda (Marsda) dengan jabatan Staf Ahli Bidang Hankam BIN.
  • 23 Desember 2011: Marsda TNI Ma’roef Sjamsoeddin memperoleh jabatan strategis sebagai Wakil Kepala BIN. Ia menggantikan Dr As’ad Said Ali (NU). Saat menjabat Waka BIN kepala binnya adalah Letjen (purn) Marciano Norman
  • 2014: pensiun dengan jabatan terakhir Waka BIN.
  • 27 Januari 2015: Maroef Sjamsoeddin Ditunjuk PT Freeport Indonesia sebagai Presiden Direktur perusahaan. Ia menggantikan Rozik B Soetjipto, yang akan memasuki masa pensiun.

Itulah Biodata dan Profil Maroef Sjamsoeddin Presiden Direktur PT Freeport Indonesia semoga kasus yang membelitnya cepat terselesaikan.

Semoga bermanfaat


Advertisement