Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil dan Biodata Sudirman Said Menteri ESDM


Profil dan Biodata Sudirman Said Menteri ESDM

Profil dan Biodata Sudirman Said Menteri ESDM - Harga BBM yang semakin melonjak dan dibubarkannya Petral kini menaikan pamor dari Sudirman Said salah satu menterti di era pemerintahan Presiden Joko Widodo yang benar-benar menginginkan pemerintahan bersih yang didukung dengan jajaran menteri di Kabinet Kerja yang bersih dari catatan korupsi. 

Indikasi ini terlihat dari pemilihan menteri yang begitu selektif hingga menghasilkan Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. 

Sudirman Said adalah Menteri yang menjabat di Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014 ini tak hanya dikenal sebagai pejabat tinggi di jajaran industri minyak dan gas serta direktur utama perusahaan senjata nasional, namun juga aktif sebagai tokoh antikorupsi.

Sudirman Said Lahir di Brebes, Jawa Tengah pada 16 April 1963, dimana Sudirman Said mengawali karirnya dengan menjadi lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di tahun 1990. Selanjutnya beliau melanjutkan pendidikannya dengan mengambil master di Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat pada tahun 1994.

Karir sebelum menjadi Menteri ESDM, adalah Sudirman Said bukanlah orang baru di sektor ESDM. Dimana Ia pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan & Admin di PT. Petrokimia Nusantara Interindo tahun 2003-2005. Selanjutnya melanjutkan karirnya sebagai Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina di tahun 2007-2008. Ia sebelum diangkat menjadi Menteri ESDM, Sudirman Said tercatat menjadi Direktur Utama di PT. Pindad.

Tak hanya berkarir di pemerintahan, namun Sudirman Said juga pernah menjabat sebagai Wakil Dirut PT Petrosea Tbk dan juga Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk. Dimana kedua perusahaan terbuka tersebut bergerak di bidang energi dan pertambangan.

Perihal suara vokal Sudirman Said dalam menolak korupsi diwujudkannya dengan mendirikan dan menjadi ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia bersama dengan Erry Riana (Mantan Pimpinan KPK), Kuntoro Mangkusubroto (Kepala UKP4), Sri Mulyani (Mantan Menteri Keuangan), dan beberapa tokoh lainnya.

Tercatat ada beberapa kasus yang pernah didorong untuk diselesaikan oleh badan ini adalah Transparansi Anggota Kabinet tahun 2001, Korupsi Penyelewengan Dana Pemilu oleh Anggota KPU tahun 2004, serta Penyelesaian Kasus Bibit Chandra (Cicak versus Buaya). Untuk kasus terakhir ini, Sudirman bersama Rhenald Kasali dan Bambang Harimurti mendorong agar dua pimpinan KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M. Hamzah tidak dikriminalisasi.

Taj hanya mendirikan organisasi tersebut, Sudirman Said juga membentuk Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) pada 2 Juni 2000 untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan sehat.


Berikut Profil dan Biodata Sudirman Said Menteri ESDM:


Profil dan Biodata Sudirman Said Menteri ESDM

Nama Sudirman Said
Tempat Tgl LahirBrebes, Tgl 16 April 1963
Pendidikan :
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara 199
George Washington University, Washington, DC, 1994
Jabatan : 
-Menteri ESDM
-Direktur Utama di PT. Pindad
-Wakil Dirut PT Petrosea Tbk
-Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk
-Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina di tahun 2007-2008
-Direktur Keuangan & Admin di PT. Petrokimia Nusantara Interindo tahun 2003-2005